Sabtu, 18 Juni 2011

Harta Karun Yamashita (Yamashita Treasure)


Pernahkah anda mendengar orang bercerita tentang harta karun Yamashita ?. Mungkin kita di Indonesia tidak terlalu populer dibandingkan dengan negara tetangga kita Philipina. Karena disanalah tempat di duganya harta karun tersebut disimpan. Disebut harta karun Yamashita karena harta ini merupakan peninggalan tentara Jepang ketika perang dunia ke II yang dipimpin oleh Jenderal Tomoyuki Yamashita yang menguasai Indonesia, Malaysia, Singapore, Vietnam, Philipina, dan Thailand. Ketika dia berkuasa saat itu Jepang kemudian melakukan sebuah operasi yang dikenal dengan operasi Golden Lily.
Operasi Golden Lily bertujuan menyediakan dana perang bagi Jepang, dan tentara Jepang mulai mengumpulkan seluruh harta (emas, dll) dari setiap daerah jajahan. Dan kabar baiknya sampai Jepang menyerah harta-harta tersebut masih terkubur rapi di bawah tanah, walaupun sebagian sudah ditemukan. Emas yang terkumpul saat operasi Golden Lily diperkirakan mencapai 6000 ton atau sekitar $ 100 milyar (dan harga emas akan terus naik). Apa hubungannya dengan kita di Indonesia ? Karena Indonesia merupakan salah satu daerah jajahan Jepang maka tidak tertutup kemungkinan banyak harta peninggalan Jepang di kubur di Indonesia. Lihat peta operasi Golden Lily saat itu di bawah ini :

 

Emas Sumatra yang merupakan salah satu harta karun Yamashita
Begitu banyak gua-gua Jepang tersebar di Indonesia  dan banyak yang belum terjamah oleh para treasure hunter (apalagi penduduk lokal). Dan mengingat betapa minimnya masyarakat Indonesia yang menggunakan alat deteksi emas (metal detektor) maka kesempatan menemukan emas masih sangat besar. Apalagi masyarakat Indonesia paling banyak terpaku di tambang-tambang masyarakat. Let’s Go Hunting….

0 komentar:

Posting Komentar

 
;